Arti Gandum & Klasifikasinya

Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Gandum merupakan bahan yang selalu digunakan khususnya oleh para kaum hawa dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.kandungan yang ada pada gandum sangat baik guna menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis seperti jantung, jantung koroner, hipertensi, dan diabetes. Hebat bukan?

Diketahui dari banyak penelitian yang dilakukan bahwa gandum amat kaya vitamin, mineral, dan serat yang terkandung didalamnya. Selain itu gandum juga memiliki beragam senyawa fitokimia yakni senyawa kimia yang mempunyai dampak positif untuk kesehatan. Tak  hanya itu tanaman ini juga memiliki kandungan saponin, fitosterol, squalen, dan orisanol serta tokotrienol yang dapat turunkan kandungan kolestrol didalam darah. banyak memiliki kandungan kalsium, folic acid, vit. B6, vit. A serta E dan juga zat besi. Mengkonsumsi gandum bisa mengecilkan munculnya efek beragam penyakit dikarenakan kaya serat serta vitamin, yang  menyehatkan bagi anda. Untuk  anda yang menginginkan diet , mengonsumsi gandum bisa jadi pilihan yang tepat.

Klasifikasi Gandum

Gandum merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku .Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

Secara umum gandum diklasifikasikan menjadi hard wheat, soft wheat dan durum wheat.

T. aestivum (hard wheat)

T. aestivum adalah spesies gandum yang paling banyak ditanam di dunia dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti karena mempunyai kadar protein yang tinggi. Gandum ini mempunyai ciri-ciri kulit luar berwarna coklat, bijinya keras, dan berdaya serap air tinggi. Setiap bulir terdiri dari dua sampai lima butir gabah.

T. compactum (soft wheat)

T. compactum merupakan spesies yang berbeda dan hanya sedikit ditanam. Setiap bulirnya terdiri dari tiga sampai lima buah, berwarna putih sampai merah, bijinya lunak, berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah. Jenis gandum ini biasanya digunakan untuk membuat biskuit dan kadang-kadang membuat roti.

T. durum (durum wheat)

T. durum merupakan jenis gandum yang khusus. Ciri dari gandum ini ialah bagian dalam (endosperma) yang berwarna kuning, bukan putih, seperti jenis gandum pada umumnya dan memiliki biji yang lebih keras, serta memiliki kulit yang berwarna coklat. Gandum jenis ini digunakan untuk membuat produk-produk pasta, seperti makaroni, spageti, dan produk pasta lainnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

3 komentar: